6 Aplikasi Android recommended buat para blogger
6 Aplikasi Android recommended buat para blogger

6 Aplikasi Android recommended buat para blogger

Posted on

6 Aplikasi Android recommended buat para blogger – Gara-gara kecanduan Android, laptop akhirnya saya jual. Semua aktifitas tulis-menulis, blogging, di renggut pelan-pelan oleh android buatan China. Miris. Tapi itulah yang terjadi. Kecanggihan teknologi seperti obat sakit jiwa yang perlahan merubah perilaku manusia.

Harus diakui bahwa proporsi penggunaan android saat ini melebihi laptop atau pc. Meskipun selama tujuh jam sehari saya bekerja menggunakan laptop. Menyelesaikan pekerjaan kantor dan satu-dua jam kadang membuka laptop sekadar merapikan tampilan blog. Tapi tetap saja saya lebih suka menulis konten blog memakai aplikasi di android.

Percaya atau tidak, hampir 90% konten web saya tulis menggunakan aplikasi android. Liputan yang saya kirimkan juga saya tulis menggunakan aplikasi android. Hanya dokumen-dokumen pekerjaan saya saja yang saya tulis menggunakan aplikasi di laptop. Hehe… Yang jelas saya menikmati aktivitas blogging menggunakan android.

Kali ini saya mau berbagi informasi 6 aplikasi android yang bikin blogger melupakan laptop. 6 aplikasi ini sudah menjadi partner setia dan senjata andalan saya mengarungi dunia perbloggingan jagat raya. Dan sepertinya saat ini sudah menjadi aplikasi wajib di android saya.

1. Aplikasi Browser
Setiap android wajib punya aplikasi browser. Ibarat sebuah rumah, kita butuh jendela untuk melihat dunia luar. Dengan aplikasi browser inilah kita bisa mengintip dunia. Mendapatkan informasi apapun di dunia hanya dari sentuhan di layar android.

Ada beberapa jenis platform aplikasi browser yang sering dipakai oleh para blogger. Salah satu favorit saya adalah Google Chrome. Meskipun menurut saya browser lainnya seperti Opera Mini, UC Browser juga tak kalah kerennya. Namun sisi kenyamanan Google Chrome menjadi alasan saya jatuh hati padanya.

2. Email / Surat Elektronik
Setiap blogger pasti memiliki akun email. Kedudukan email di dunia maya hampir sama dengan fungsi KTP di dunia nyata. Jika di dunia nyata lokasi tempat tinggal kita ditunjukkan dengan alamat rumah yang tertulis di KTP, maka email menjadi alamat tujuan atas informasi yang dikirimkan mengarungi dunia maya.

Akun email juga sering menjadi sebuah kunci masuk pada layanan website tertentu. Menjadi salah satu pelengkap data registrasi. Contoh yang paling sering ditemui adalah pada saat mendaftar untuk akun media sosial, program afilliasi, membuat blog, dan lain sebagainya. Email seolah seperti benda keramat yang harus di jaga.

3. Web / Blog Analytics
Jika sebuah web / blog sudah menjadi something special, maka akan saya perlakukan dia secara spesial. Mempercantiknya, memantau aktivitas disana, menyematkan konten yang baik di dalamnya dan selalu memikirkan masa depan untuknya.

Salah satu wujud perhatian saya pada web / blog adalah dengan melakukan pemantauan melalui Google Analytics. Semua informasi aktivitas web / blog bisa dipantau dari Google Analytics. Berapa pemirsanya, dari mana aksesnya, dari negara mana asalnya, dll bisa di intip dari sana.

Hadirnya Google Analytics dalam bentuk aplikasi android semakin membuat saya melupakan laptop.

4. Aplikasi Media Sosial
Blogger tanpa akun media sosial jelas kurang lengkap. Blog yang tidak dipamerkan di media sosial seperti lukisan Picasso yang terkubur diantara dua nisan. Karena blog tanpa pengunjung sungguh mubadzir, Gaes…

Minimal nih, di android sudah standbay aplikasi Google Plus, Facebook, dan Twitter. Semakin sering share link blog ke media sosial, semakin banyak peluang kedatangan pengunjung ke blog. Semakin besar pula manfaat kebaikan yang kita tebarkan melalui blog. Kecuali kalau konten blognya memang sengaja di buat untuk merusak. Merusak mental misalnya dengan konten asusila dan provokatif.

5. Aplikasi Office
Aplikasi office yang saya gunakan di android adalah WPS Office. Atas jasa aplikasi inilah saya bisa mencatat dan menulis apapun yang ada di otak saya. Bahkan saat sedang nongkrong di toilet, saya bisa menghasilkan beberapa paragraf hanya dengan aplikasi ini.

Menulis konten blog tidak harus dengan sekali duduk langsung jadi. Saya lebih suka menempelkan ide-ide yang muncul tiba-tiba sebagai catatan di WPS Office. Kemudian ketika senggang atau ketika sedang santai saya lanjutkan ide-ide itu menjadi paragraf-paragraf. Hingga terpajang di blog.

6. Aplikasi Editor Foto
Sebenarnya menggunakan aplikasi editor foto versi bawaan android sudah cukup. Tapi kadang seseorang ingin nilai artistik yang lebih sehingga butuh aplikasi editor foto yang mampu memenuhi hasrat itu. Begitu juga saya, keinginan menyajikan konten web yang artistik membuat saya memilih aplikasi PictArt di android saya.

Nah, itulah 6 aplikasi Android yang saya rekomendasikan. Terutama untuk kalian yang ingin menjadi blogger. Tanpa laptop pun kalian bisa menjadi blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *